Wednesday, October 8, 2014

Tidak tertukar

Tuhanku adalah Tuhan Yang Maha Adil.

Kepada setiap makhluk ciptaanNya, Ia menyediakan bagian-bagian yang tidak akan pernah tertukar.

Ada ratusan juta jiwa manusia, dan ada ratusan juta atau bahkan milyaran makhluk hidup di muka bumi ini. Setiap makhluk bertahan hidup dengan caranya, atau berusaha dengan giat untuk mengubah takdirnya. Namun takdir satu jiwa dan yang lainnya tak akan pernah tertukar.

Tuhanku sudah mengaturnya.

Setiap saat, setiap detik, makhluk hidup keluar dan mencari rizqi. Mulai dari semut, unta, hingga manusia. Namun rizqi makhluk yang satu tidak akan tertukar dengan yang lainnya. Begitu pula jatah usianya, waktu kembalinya.

Tuhanku tidak pernah ingkar. KetetapanNya adalah pasti.

Ada begitu banyak hal baik dan buruk yang menimpa setiap jiwa di muka bumi ini setiap saat. Ada kalanya saat makhlukNya mengalami hal baik dan lupa pada-Nya. Namun sering adanya saat mereka ditimpa kemalangan, mereka menyalahkan Tuhanku.

Tetapi Tuhanku sungguh Maha Pengasih dan Penyayang.

Ia berjanji bahwa sesungguhnya di dalam setiap kesulitan, akan ada kemudahan. Dan Ia juga berjanji bahwa Ia tidak akan pernah membebani makhlukNya dengan beban yang tidak sanggup mereka pikul.

Tuhanku Maha Sempurna.

Ia menciptakan masalah satu paket beserta solusinya. Hanya aku yang seringkali terlalu dangkal, hingga solusi pun jauh dari jangkauan pandangku.

Tuhanku Maha Bijaksana.

Diantara banyak makhlukNya yang berebut tahta kemuliaan, Ia hanya memuliakan siapa-siapa yang pantas untuk dimuliakan. Ia akan memberikan ujian kepada makhlukNya sebagai seleksi untuk mendapatkan tahta kemuliaan di hadapanNya. Dan sesungguhnya kemuliaan di hadapanNya sajalah sebenar-benarnya kemuliaan.

Tuhanku Maha Mengetahui.

Dosa-dosa dan aib-aib makhlukNya yang senantiasa berusaha untuk disembunyikan. Betapa rapinya dosa dan aib itu tertutup rapat. Disimpan di tempat-tempat yang bahkan sesama makhlukNya pun tidak mengetahui. Tuhanku Tahu.
Setiap emosi, memori, bahkan mimpi yang terpendam dalam setiap hati makhluknya. Tiada yang luput dari penglihatanNya.

Jika Ia ingin membuka satu saja diantara aib yang kumiliki kepada seisi dunia, maka tiada satu hal pun yang bisa menyelamatkanku dari kehinaan. Tak ada.


Hari ini, saat ini, banyak yang sudah terjadi dalam hidup kita. Setiap yang terjadi, itu adalah kehendakNya. Dan aku yakin dengan rencana dan ketetapan Tuhanku. Semua ada maksudnya, semua ada tujuannya. Apa yang tampak atau terasa kurang baik, mungkin sebenarnya adalah bagian dari rencana besar yang telah Tuhanku tetapkan untuk makhlukNya. Aku yakin bahwa Tuhan yang selama ini kuimani, adalah Tuhan yang telah Memberikan banyak nikmat kepada milyaran, bahkan trilyunan makhlukNya. Tuhan yang tidak pernah mendzholimi makhlukNya, seingkar apapun mereka kepadanya.

Karena Tuhanku, Ia Maha Memelihara.



No comments:

Post a Comment